5 Perbedaan Piala Oscar Dan Golden Globe

Berbicara soal awards season di Hollywood, ada dua ajang yang dirayakan besar-besaran. Yang pertama pasti Academy Awards atau Piala Oscar, ajang yang dianggap juga sebagai lambang supremasi teratas didunia film Amerika Serikat.

Anggapan itu sangat beralasan, dikarenakan penilaiannya dilakukan oleh ribuan orang praktisi perfilman lintas generasi yang tergabung dalam Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS), selain itu juga karena statusnya sebagai ajang tertua, yang sudah diadakan sejak 1929.

Dengan pergelaran yang selalu diadakan sebelum Piala Oscar, Golden Globe sering dianggap sebagai ajang pemanasan sebelum Piala Oscar. Seringkali nama dan karya yang bertarung di ajang Golden Globe pun akan masuk Piala Oscar. Itulah sebabnya, tidak sedikit yang mengganggap bahwa ajang Golden Globe juga suatu pertanda pada hasil Piala Oscar.


1. Kategori

Perbedaan Piala Oscar Dan Golden Globe
Sumber Gambar : premiumbeat.com


Kalau Golden Globe kategorinya ada kurang lebih 25 ketegori untuk film dan serial televisi, berbeda dengan Oscar yang tidak menyentuh sampai ranah serial televisi. Oscar cuma fokus pada film jadi kategorinya juga lebih sedikit dibanding Golden Globe.

2. Juri

Perbedaan Piala Oscar Dan Golden Globe
Sumber Gambar : express.co.uk


Dalam memilih pemenang sudah tentu dua ajang ini memiliki juri yang beda. Kalau Golden Globe, kemenangan ditentukan oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA). Sedangkan Oscar jurinya lebih banyak, mereka merupakan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) yang terdiri dari kalangan profesional di bidang perfilman.

3. Suasana

Perbedaan Piala Oscar Dan Golden Globe
Sumber Gambar : malesbanget.com


Kalau kamu sudah pernah nonton keduanya, kamu bisa tau perbedaan suasana antara dua ajang tersebut. Golden Globe yang sering diadakan di daerah elit di kawasan beverlly hills. kelihatan lebih santai dan lebih meriah dibanding Oscar. Kalau Oscar biasanya diadakan di sebuah teater di Hollywood, jadi suasanannya sedikit lebih formal.

4. Gensi

Perbedaan Piala Oscar Dan Golden Globe
Sumber Gambar : comingsoon.net


Tidak tau dikarenakan apa, tapi kalau ada aktor atau aktris yang tidak menang Oscar kelihatannya menjadi sorotan, berbeda dengan Golden Globe, orang-orang sepertinya tidak terlalu mempermasalahkan kalau si aktor atau aktris itu tidak menang. Jadi kesimpulannya Piala Oscar lebih kelihatan lebih bergengsi dimata para aktor.

5. Hasil Mirip

Perbedaan Piala Oscar Dan Golden Globe
Sumber Gambar : news.com.au


Walau miliki banyak perbedaan mendasar dari dua ajang ini, tidak bisa diabaikan bahwa hasil akhir dari Golden Globe dan Piala Oscar seringkali sejalan. Tapi, memang patut diingat bahwa itu bukan harga mati.

Tim Gray, editor dari Variety mengingatkan bahwa penentuan nominasi Piala Oscar telah ditutup sebelum pengumuman pemenang Golden Globe. Maka, penyelenggaraan Golden Globe pada prinsipnya tidak berpengaruh pada hasil Piala Oscar.