5 Film Animasi Terbaik Produksi Pixar

Siapa pencinta film yang tidak mengenal Pixar? Perusahaan besutan almarhum pemilik Apple Inc, Steve Jobs ini terkenal dengan film animasinya yang tak cuma keren namun juga luar biasa. Pixar Animation Studios yaitu sebuah studio animasi komputer Amerika Serikat yang berpusat di Emeryville, California.

Studio film ini terkenal karena CGI-film animasi yang dibuat dengan PhotoRealistic RenderMan yang merupakan teknologi antarmuka pemrograman yang digunakan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Film buatan Pixar selalu membawa inovasi terbaru dalam dunia animasi. Konsep untuk filmnya selalu fresh dan belum pernah dibuat sebelumnya. Karena hal inilah Studio film ini sudah mengantongi 27 Academy Award, tujuh Penghargaan Golden Globe, dan delapan Penghargaan Grammy.


1. Toy Story

Film Animasi Terbaik Produksi Pixar
Sumber Gambar : sky.com


Toy Story adalah film Pixar perdana yang dirilis ke bioskop, meraup untung USD 356 Juta dari seluruh dunia. Tidak Hanya itu Toy Story merupakan film panjang dengan gambar buatan computer pertama yang dirilis Disney. Toy Story mendapat penghargaan Academy Award dan Golden Globe Award. Ceritanya berkisar mengenai petualangan mainan yang digambarkan bisa hidup apabila tidak ada orang.

2. Finding Nemo

Film Animasi Terbaik Produksi Pixar
Sumber Gambar : movies.disney.com


Finding Nemo merupakan film yang sangat menghibur dan menyentuh terlebih disaat bertemunya kembali Marlin dan Nemo. Film yang rilis tahun 2003 sudah memenangkan beberapa penghargaan diantaranya ialah Academy Award, Golden Globe Award, dan Saturn Award untuk Film Animasi Terbaik.

Ceritanya Marlin si ikan badut adalah sosok calon ayah yang gugup. Waktu tahu dirinya bakal menjadi ayah bagi 400 telur ikan, Marlin gugup apa anak-anaknya bakal menyukainya. Namun bencana datang, istri Marlin dan 399 calon bayinya dimakan ikan lain. Sehingga Marlin menjaga dengan sangat hati-hati satu-satunya anaknya yang tersisa, Nemo

3. Bug’s Life

Film Animasi Terbaik Produksi Pixar
Sumber Gambar : disney.wikia.com


Berkisah mengenai petualangan semut bernama Flik yang berkelana meninggalkan koloninya untuk menyatukan para serangga lain yang dapat diajaknya mempertahankan koloninya dari kawanan belalang jahat. Belalang memperlakukan koloni semut seperti budak mereka. Beberapa musim sekali, semut harus mengumpulkan makanan buat para belalang. Di film ini, animasi Pixar sudah lebih keren dibanding Toy Story.

Film ini berhasil dan menjadi box office. Bug’s Life berhasil meraih beberapa penghargaan, salah satunya yaitu Animasi Terbaik di Los Angeles Film Critics Association, Academy Award, dan Golden Globe Award.

4. The Incredibles

Sumber Gambar : tumblr.com


The Incredibles dirilis pada tahun 2004 dan animasi pertama buatan Pixar yang menampilkan karakter utamanya manusia, bukan hewan atau makhluk khayalan. The Incredible bercerita mengenai sekeluarga superhero. Sebab satu kesalahan yang dibuat ayahnya, akhirnya dibuat aturan di kota tersebut bahwa superhero harus menyembunyikan diri dan tidak boleh menunjukkan kemampuan supernya.

The Incredibles memenangkan Best Animated Feature dalam ajang Academy Award dan Best Motion Picture dari Golden Globe Award.

5. Up

Film Animasi Terbaik Produksi Pixar
Sumber Gambar : fanpop.com


Up merupakan film kedua dari Pixar yang karakter utamanya adalah manusia. Up jadi film animasi komputer pertama yang meraih nominasi Academy Award untuk Film Terbaik atau Best Picture.

Film ini berkisah mengenai kakek bernama Carl Fredricksen yang selalu memimpikan sebuah petualangan besar. ia selalu mau menjelajahi daerah-daerah baru dan pergi berkeliling dunia. tapi Sayang sampai dia berumur 78 tahun, semua itu cuma sekedar impian saja dan tidak pernah menjadi kenyataan.

Setelah istrinya wafat, Carl mendapat masalah baru. Rumahnya bakal digusur dan ia terancam berakhir di panti jompo. Merasa tidak ada lagi yang mampu menghalanginya melakukan petualangan seperti yang dirinya impikan, Carl pun bertekad membawa rumahnya pergi mengelilingi dunia. Untuk mencapai tujuannya, Carl mengikatkan ribuan balon ke rumahnya dan menjadikan seluruh rumahnya sebuah balon terbang.