5 Film Bertemakan Perang Vietnam

Perang itu tidak ada kerennya, lebih banyak merugikan daripada untungnya. Yang paling untung tentunya si pemenang perang. Itupun tidak terlalu untung banget, kecuali soal gengsi. Lain cerita kalau membahasan film tentang perang.

Film perang banyak yang bagus. Tidak hanya soal tembak-tembakannya yang seru, film perang pun bisa menunjukan kita sudut pandang berbeda mengenai perang atau daerah yang menjadi tempat perang tersebut.

Misalnya, Perang Vietnam yang merupakan salah satu perang paling terkenal dalam sejarah dunia. Tidak Sedikit yang sudah membuat film perang dengan setting Perang Vietnam. Tetapi untungnya wowasiknya sudah memilih beberapa film perang mana saja yang paling bagus di antara seluruh film mengenai perang Vietnam.

Langsung saja, inilah 5 Film Bertemakan Perang Vietnam :

1. The Deer Hunter

Film Bertemakan Perang Vietnam
Sumber Gambar : wikipedia.org


Berkisah mengenai trio pekerja pabrik besi berdarah Rusia-Amerika yang ikutan perang ke Vietnam. Banyak aktor bagus yang membintangi film ini, di antaranya Robert De Niro, Christopher Walken, John Cazale, dan Meryl Streep.

Adegan De Niro mempertaruhkan kepalanya untuk bermain Russian roulette merupakan satu yang paling ikonis dari film ini dan pada Academy Awards ke-51 The Deer Hunter sukses mendapatkan lima piala termasuk juga Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

2. Apocalypse Now

Film Bertemakan Perang Vietnam
Sumber Gambar : youtube.com


Kurang hebat apa coba Francis Ford Coppola. Habis membuat film The Godfather yang masih relevan untuk kita ditonton sampai saat ini. Dan di dekade yang sama dia membuat film Apocalypse Now yang dilihat banyak pengamat film sebagai salah satu film perang terkeren.

Sepanjang film kita menunggu kehadiran Marlon Brando yang berperan sebagai Kolonel "gila" yang beranggapan dirinya dewa bagi warga asli Vietnam. Soundtracknya pun cukup ciamik (The Doors! The Rolling Stones!), begitupun para aktor yang terlibat di dalamnya, termasuk juga si tangguh Martin Sheen. Kalau anda ingin menonton film perang yang tidak biasa, inilah dia.

3.  Platoon

Film Bertemakan Perang Vietnam
Sumber Gambar : imfdb.org


Platoon merupakan film Hollywood pertama yang ditulis dan disutradarai oleh veteran perang Vietnam yaitu seorang Oliver Stone. Pengalaman pribadinya menjadi acuan jalan cerita yang bermaksud untuk menunjukan sudut pandang kontradiktif pada filmnya John Wayne, The Green Berets, yang Pro-Saigon dan anti-komunis.

Kalo jagoan di Apocalypse Now adalah Martin Sheen, dalam Platoon giliran anaknya, Charlie, yang ambil bagian bersama Tom Berenger dan Willem Dafoe. Akting bagus mereka memang banyak dipuji oleh para kritikus. Oliver Stone dianugerahi Piala Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik, dan filmnya sendiri didaulat sebagai Film Terbaik.

4.  Full Metal Jacket

Film Bertemakan Perang Vietnam
Sumber Gambar : youtube.com


Ketika Stanley Kubrick membuat film bertemakan perang, temanya harus perang Vietnam. Perang Dunia sepertinya kurang seru. Di sini banyak ditampilin latihan keras para calon tentara yang membuat anda bersyukur tidak masuk militer. Kubrick adalah sutradara keren, jadi anda harus nonton filmnya yang bagus ini.

5. Good Morning, Vietnam

Film Bertemakan Perang Vietnam
Sumber Gambar : youtube.com


Ini adalah satu-satunya film komedi dalam list ini. Jangan salah, perang pun punya elemen komedi juga dan siapa lagi yang pantas memerankan seorang DJ di radio militer selain Robin Williams.

Kisah dalam film ini terinspirasi dari DJ radio militer bernama Adrian Cronauer. Si brilian Williams berperan sebagai Cronauer. Kamu yang suka menonton film-filmnya Robin Williams tidak lengkap kalau belum menonton Good Morning, Vietnam.